Selasa, 14 Mei 2013

Persamaan Desa di Anime Naruto Dengan Daerah di Indonesia


Mungkin kalian semua sedikit ragu dengan judul diatas, apakah ada atau tidak? Namun memang benar adanya loh, di Indonesia ada beberapa Wilayah/Kota yang mirip dengan di anime Naruto dalam hal cirikhasnya, penduduknya, bentuknya, ataupun iklimnya.

                Berikut beberapa Wilayah/Kota-Kota di Indonesia yang memiliki kemiripan dengan Desa di anime Naruto versi be’el:

1.       SUNAGAKURE
Dalam anime Naruto, Sunagakure berarti Desa Angin yang terletak di Gurun. Jika di Indonesia sendiri daerah yang mendapat julukan Kota Angin adalah “Nganjuk, Jawa Timur” dan “Majalengka, Jawa Barat.”
Walaupun kedua tempat itu tidak terletak di Gurun namun keduanya selalu dihembus angin setiap hatinya. Pastaslah dua Daerah ini dijuluki “Sunagakure-nya Indonesia.”

2.       AMEGAKURE
Dalam anime Naruto, Amegakure berarti desa Hujan. Lah jika di Indonesia sendiri daerah yang sama selalu hujan adalah Kota Bogor. Maka pantaslah Kota ini dijuluki “Amegakure-nya Indonesia.”

3.       ROURAN
Sudah pernah lihat Naruto Shippuden the movie 4: The Lost Tower? Tentu tidak asing jika mendengan nama “Rouran.” Kota dengan bangunan serta gedung-gedung pencakar langit tersebut sama dengan Ibu Kota Negara kita, Kota Jakarta. Maka Jakarta dapat disebut dengan “Rouran-nya Indonesia.”

4.       KUSAGAKURE
Kusagakure dalam anime Naruto merupakan desa yang artinya “Desa Rumput”. Di Indonesia sendiri, daerah yang banyak ditumbuhi rumput-rumput adalah Daerah Nusa Tenggara Barat. Maka NTB pantas untuk disebut “Kusagakure-nya Indonesia.”

5.       YUKIGAKURE
Dalam anime Naruto, desa ini berarti “Desa Salju”. Daerah yang cocok dengan Yukigakure di Indonesia sendiri adalah desa terpencil didaerah Puncak Jaya Wijaya, Papua yang terdapat Salju Abadi. Jadi, Jaya Wijaya pantas disebut “Yukigakure-nya Indonesia.”

6.       NAMI NO KUNI
Nami No Kuni adalah desa kecil di anime Naruto yang artinya “Desa Ombak.” Desa ini merupakan tempat tinggal kakek Tazuna dan Inari dengan ombaknya yang indah. Di Indonesia sendiri, Daerah tersebut sama dengan Maluku. Maka dapat disimpulkan bahwa Maluku adalah “Nami No Kuni-nya Indonesia.”

7.       IWAGAKURE
Salah satu dari 5 Negara besar di anime Naruto yang artinya “Desa Batu” ini memiliki kesamaan fisik dengan daerah Gunungkidul, Yogyakarta.
Mengapa be’el pilih Gunungkidul sebagai “Iwagakure-nya Indonesia”? itu karena di Gunungkidul sebagian besar tanahnya merupakan bebatuan dan tanah tandus sehingga mirip dengan Iwagakure.

Itulah Daerah/Kota di Indonesia yang memiliki kesamaan dengan Desa di anime Naruto. Semoga info diatas bisa sekaligus menjadi media pembelajaran bagi Kita untuk menghafal karakteristik daerah-daerah di Indonesia.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kalau tsunagakure lebih cocok nya ke provinsi riau deh

    BalasHapus